Top! BNI Bantu UMKM Tembus Pasar Eropa

Jakarta, beritajuara.id – Pasar bagi produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat terbuka di negara-negara Eropa. Namun, berbagai persyaratan yang diterapkan membuat produk-produk UMKM sulit menembus pasar di Eropa.

Oleh karena itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk membantu UMKM untuk bisa menembus pasar Eropa, seperti Inggris. Inggris umumnya membutuhkan private certification yang sangat membebani pelaku usaha UMKM.
Direktur Treasury & International PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Henry Panjaitan Henry dalam UK SME’s Business Summit, Kamis (29/7/2021), mengungkapkan BNI menghadirkan solusi bagi UMKM mulai dari business matching, edukasi, hingga solusi keuangan. BNI juga mengikutsertakan UMKM dalam aktivitas business matching dan pada expo di luar negeri melalui jaringan global BNI,”

BNI juga membantu UMKM melakukan pemetaan flow supply chain perdagangan luar negeri dengan Indonesia. Selain itu dilakukan pula kurasi produk UMKM Binaan BNI sesuai dengan spesifikasi standar kualitas produk di negara setempat.

Kantor Cabang BNI di luar negeri bekerjasama dengan KBRI dan ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) mendukung keikutsertaan UMKM tersebut dalam Trade Expo Internasional. Saat ini pun, seluruh Kantor Cabang BNI di luar negeri telah menjadi etalase bagi produk-produk UMKM binaan BNI. “Kami juga mengedukasi dan mendorong pelaku UMKM agar dapat terhubung dengan platform digital dengan menyediakan akses digital bagi UMKM untuk dapat terkoneksi dengan e-commerce baik lokal maupun international,” ujarnya.

Ia mengatakan, BNI juga memberikan solusi keuangan yang kompetitif melalui program pembiayaan UMKM ekspor dan UMKM Diaspora. Sejauh ini, BNI aktif melakukan literasi mekanisme perdagangan international untuk UMKM, karena belum semua pelaku UMKM memahami mekanisme perdagangan internasional misalnya terkait LC dan remittance, hingga tren yang terjadi di pasar global.

BNI juga memberikan dukungan pada UMKM Diaspora yang kini telah tersebar di Inggris, Belanda, dan negara lainnya. Kehadiran mereka pun bisa menjadi jembatan utama agar UMKM Indonesia bisa menuju pasar global. BNI pun akan bekerjasama dan berkoordinasi dengan kedutaan setempat atau pihak-pihak lainya untuk mengidentifikasi kebutuhan produk beserta kualifikasinya di negara tersebut.

Ia menambahkan salah satu kekuatan perusahaan adalah jaringan outlet di luar negeri seperti London, Singapura, Hong Kong, New York, Tokyo, dan Seoul yang merupakan pintu gerbang ke pasar global. Pihaknya pun telah berpengalaman melakukan pendampingan kepada UMKM untuk mengekspor produknya. “Kami memiliki End to End Solution Program Xpora yang merupakan program kolaborasi antara BNI Kantor Cabang Dalam Negeri dan Kantor Cabang BNI di luar negeri, kami harapkan merupakan bentuk upaya riil dari BNI untuk maju bersama dengan UMKM Go Global,” kata Henry. (Jhn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *