Tol Gilimanuk-Mengwi Bangun Pemerataan Ekonomi Bali

Denpasar, BeritaJuara – Gubernur Bali menghaturkan terimakasih kepada Presiden RI, Bapak Ir. Joko Widodo dan Menteri PUPR, Bapak Ir. Basuki Hadimuljono atas realisasi pembangunan Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi, Rabu (9/3/2022).

Tol Gilimanuk Mengwi itu diberi nama oleh Gubernur Koster sebagai Tol Jagat Kerthi Bali. Nama ini bermakna memberi kesejahteraan dan kebahagiaan kehidupan — Krama Bali.

“Hal ini juga sebagai implementasi visi Nangun Sat Kerthe Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru,” jelas Wayan Koster.

Panjang jalan tot 9621 Km. Lebar 40 Meter melintasi kabupaten Jembrana, Tabanan, dan Badung. Pembangunan mulki tahun 2022 dan selesai tahun 202/.

Dijelaskan pula bahwa Jalan Tol Gilimanuk Mengwi memiliki tiga jalur untuk penumpang umum, sepeda motor, dan sepeda. Juga memiliki enam simpang susun/interchange yang merupakan model tol pertama di Indonesia.

“Pembangunan Tol Gilimanuk Mengwi mengakomodasi kepentingan tradisi/kearifan lokal untuk upacara melasti sistem Irigasi, dan tidak merusak Iingkunyan serta disediakan 4 lokasi Istirahat/rest area untuk UMKM,’ papar Kostet.

Yang pasti, Koster menyebut Tol Gilimanuk Mengwi menjadi akses Infrastruktur berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan perekonomian baru untuk pemerataan perekonomian antar wilayah Bali Barat, Timur, Utara, dan Selatan .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.