Terapkan Digitalisasi Perizinan, Kementerian Kominfo Tingkatkan PNBP Rp 25,5 Triliun

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G.Plate

Jakarta, BeritaJuara- Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate, mengatakan penerapan digitalisasi dalam layanan perizinan terintergrasi secara digital melalui Sistem online Single Submission (OSS) telah meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Tp 25,5 triliun pada tahun 2020.

Menteri Johnny mengatakan jumlah PNBP sebesar Rp 25,5 triliun ini telah menempatkan Kementerian Kominfo sebagai penyumbang PNBP tertinggi kedua dalam APBN tahun 2020. Capaian yang diraih ini, lanjutnya, menjadi dorongan bagi ASN Kominfo untuk meningkatkan kinerja serta layanan yang lebih efektif, efisien, dan profesional.

“Kementerian Kominfo turut mengambil bagian dalam reformasi birokrasi yang dilakukan melalui penyederhanaan birokrasi dan digitalisasi birokrasi. Hal itu merupakan komitmen dalam mendukung Visi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia Maju,” jelas Menteri Johnny dalam siaran pers Kemetererian KomInfo, Jumat (16/07/2021).

Menteri Johnny menambahkan kualitas layanan OSS ini menjadi semakin penting, mengingat pandemi Covid-19 telah mendorong berbagai aktivitas dan interaksi masyarakat untuk beradaptasi serta bertransformasi di ruang-ruang digital.

Penyelenggaraan digitalisasi perizinan di Kementerian Kominfo dilaksanakan melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 7 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha secara Elektronik Bidang Komunikasi dan Informatika sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

“Sejak tahun 2018,  kedua peraturan tersebut merupakan “Game Changer” dalam pelaksanaan perizinan berusaha di sektor Kominfo.  Ke depan, Pelayanan Perizinan Berusaha akan terus dikembangkan untuk menciptakan ekosistem pelayanan yang semakin inovatif, kredibel, akuntabel, dan berintegritas,” ujar Menteri Johnny.(kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.