Rakyat Butuh Sekali, Presiden Minta Kepala Daerah Cairkan Dana Bantuan Sosial

Gunernur Sulut, Olly Dondokambey, mengikuti arahan Presiden Joko Widodo melalui konferensi video, Senin (19/7/2021)

Jakarta, BeritaJuara.id-Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah baik gubernur, bupati, dan wali kota untuk segera mempercepat belanja daerah terutama yang berkaitan dengan bantuan sosial seperti bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dana bantuan sosial dan dana desa.

 Presiden Joko Widodo menyampaikan hal ini dalam rapat dengan para kepala daerah se-Indonesia melalui konferensi video dari Istana kepresiden Bogor, Jawa Barat, Senin (19/7/2021).

Berdasarkan data yang diterima Presiden, anggaran UMKM untuk seluruh daerah sebesar Rp13,3 triliun, sementara yang tersalurkan baru Rp 2,3 triliun.

“Padahal kita sekarang ini butuh sekali. Rakyat butuh sekali. Rakyat menunggu. Sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan. Perlindungan sosial ada anggaran, di catatan saya Rp12,1 triliun. Realisasi juga baru Rp 2,3 triliun. Belum ada 20 persen semuanya. Padahal rakyat menunggu ini,” ujar Presiden.

Presiden juga mengungkapkan Dana Desa yang  jumlahnya mencapai Rp72 triliun. Dari 72 triliun ini, lanjutnya, Rp 28 triliun dipergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Tetapi realisasi BLT Desa yang sudah disalurkan baru mencapai Rp 5,6 triliun atau kurang dari 25 persennya.

“Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat,” tandas Presiden. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.