PUPR Renovasi Paviliun Kirana RSCM Jadi RS Covid-19

Paviliun Kirana RSCM Jakarta


Jakarta, BeritaJuara.id- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang dalam proses membahas renovasi Paviliun Kirana Rumah Sakit Umum Nasional Dr.Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta untuk diubah menjadi rumah sakit Covid-19.

Direncanakan, di tempat tersebut akan disiapkan enam lantai rumah sakit dengan total kapasitas 390 tempat tidur.


Demikian disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono dalam dalam keterangan pers secara virtual setelah mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Jakarta Senin(12/7/2021).

“Jadwalnya paling lambat tiga minggu akan dapat kita siapkan, mengubah pavilion rumah sakit ini menjadi rumah sakit Covid ini. Siang ini jam dua, kami bersama dengan Direktur RSCM dan Dirjen Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan bertemu untuk memfinalkan desainnya, karena ini tadinya rumah sakit anak, akan kita desain menjadi rumah sakit Covid,” ujar Hadi.


Selain Paviliun Kirana RSCM Jakarta, kata Hadi, Kementerian PUPR juga memastikan tiga menara yang sebelumnya ditinjau langsung oleh Presiden di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput Jakarta Selatan telah siap dioperasikan menjadi tempat isolasi mandiri (Isoman) pasien Covid-19 bergejala ringan.


Tiga menara rusun ini, kata Hadi, telah dilengkapi dengan alat kesehatan dan tempat tidur dengan jumlah total 5.952 tempat tidur pasien.

“Tower satu, ada 689 ruangan dengan total 2.067 tempat tidur. Ini yang sudah siap dioperasikan. Kemudian tower dua sebanyak 606 unit dengan 1.818 tempat tidur, dan tower tiga, 689 unit seperti tower satu dengan 2.067 tempat tidur. Yang tower satu sekali lagi sudah siap dioperasikan sejak hari ini,” jelasnya.


Menteri PUPR, kata Hadi, siap untuk melaksanakan tugas terkait penambahan rumah sakit lapangan di sejumlah daerah, sesusai dengan arahan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan. (Kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.