Presiden : Kepala Daerah Harus Turun Lapangan

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo turun ke lapangan mengecek langsung persediaan oksigen di Depo PT Samator di kawasan Bawen, Semarang, Selasa (22/6/2021)

Jakarta, BeritaJuara.id-Di tengah melonjaknya jumlah pasien covid-19 di tanah air, para kepala daerah seperti gubernur, bupati, dan wali kota diminta turun ke lapangan untuk mengontrol langsung terkait kebutuhan pasien Covid-19.

Demikian arahan Presiden Joko Widodo kepada para kepala daerah se-Indonesia melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (19/7/2021).

Presiden meminta agar para kepala daerah rajin turun ke lapangan untuk mengontrol ketersediaan obat hingga kecukupan pasokan oksigen. Selain itu, dia juga meminta para kepala daerah untuk terus memantau kapasitas rumah sakit atau bed occupancy rate di setiap rumah sakit sehingga bisa dioptimalkan untuk penanganan pasien Covid-19.

“Saya lihat beberapa daerah, rumah sakit masih memasang angka 20 atau 30 persen dari kemampuan bed yang ada. Lha ini bisa dinaikkan. Bisa 40 (persen) atau seperti di DKI Jakarta sampai ke 50 persen yang didedikasikan kepada pasien Covid-19. Ini kepala daerah harus tahu, jadi kapasitas berapa dan harus diberikan kepada pasien Covid-19 berapa. Kalau ndak, nanti kelihatan rumah sakitnya BOR-nya sudah tinggi banget padahal yang dipakai baru 20 persen. Banyak yang seperti itu,” ujar Presiden. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.