Presiden : Ibarat Api, Pandemi Menginspirasi Kita Menghadapi Tantangan Masa Depan

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Pidato kenegaraan Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara, Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021)

Jakarta, beritajuara.id- Presiden Joko Widodo mengibaratkan krisis,resesi, dan pandemi Covid-19 yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini seperti api. Menurutnya, api memang membakar, tetapi juga sekaligus menerangi, menginspirasi, dan memotivasi kita menghadapi tantangan di masa depan.                                    

Presiden menyampaikan hal ini dalam Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara, Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

“Krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api. Kalau bisa, kita hindari, tetapi jika hal itu tetap terjadi, banyak hal yang bisa kita pelajari. Api memang membakar,tetapi juga sekaligus menerangi. Kalau terkendali, dia menginspirasi dan memotivasi. Dia menyakitkan, tetapi sekaligus juga menguatkan. Kita ingin pandemi ini menerangi kita untuk mawas diri, memperbaiki diri, dan menguatkan diri, dalam menghadapi tantangan masa depan,” ujar Presiden

Presiden mengatakan pandemi itu seperti kawah candradimuka yang menguji, mengajarkan, dan sekaligus mengasah kita. Pandemi, lanjunya, memberikan beban yang berat kepada kita, beban yang penuh dengan risiko, dan memaksa kita untuk menghadapi dan mengelolanya.

Presiden menambahkan demua pilar kehidupan kita diuji dan diasah. Ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian, dan kecepatan kita, lanjutnya, semuanya diuji dan sekaligus diasah.

Ujian dan asahan menjadi, kata Presiden, adalah dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Bukan hanya beban yang diberikan kepada kita, lanjutnya, tetapi kesempatan untuk memperbaiki diri juga diajarkan kepada kita.

“Tatkala ujian itu terasa semakin berat, asahannya juga semakin meningkat. Itulah proses menjadi bangsa yang tahan banting, yang kokoh, dan yang mampu memenangkan gelanggang pertandingan,” tutur Presuden. (kris)

2 thoughts on “Presiden : Ibarat Api, Pandemi Menginspirasi Kita Menghadapi Tantangan Masa Depan

  1. Sangat bangga terhadap presiden bpk jokowi widodo karena meng infirasi masyarakatnya. Pantang menyerah apapun masalah yg menerpa tersebut covid 19 ini. Sebagai presiden selalu memberikan semangat, seperti api panas dan menghancurkan akan tetapi juga menerangi jika kita fungsi kan.

  2. Pakaian adat suku badhui… menandakan, presiden kita sangat menghormati semua suku² di indonesia ini. Itulah ke rendahan hati seorang presiden kita bapak jokowidodo, mantap sy bangga sekali👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.