PP Muhamadiyah, PBNU, dan KWI Dukung Perpanjangan PPKM

Menko Polhukam, Mafhud MD, saat berdialog secara virtual dengan PP Muhamadiyah, Selasa (27/7/2021). (Foto : Dok.Kemenko Polhukam)

Jakarta, beritajuara.id-Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), dan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI)  mendukung langkah Presiden Joko Widodo memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 2 Agustus. Ketiga organisasi keagamaan ini berharap pemerintah terus konsisten agar PPKM sampai level 4 itu dijaga dan dilaksanakan dengan baik.

Dukungan PP Muhammadiyah, PBNU, dan KWI terkait perpanjangan PPKM tersebut disampaikan saat dialong virtual yang digelar Kementerian Kordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) selama dua hari terakhir ini.

“Kami di Muhammadiyah banyak seirama dan bertitik temu dengan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah dalam menangani Covid baik secara keilmuan, maupun keagamaan. Kami berharap pemerintah perlu terus konsisten agar PPKM darurat sampe level 4 itu dijaga dan dilaksanakan dengan baik. Tidak perlu ragu karena rakyat membutuhkan kepastian. Sempurna tentu tidak bisa, tapi pilihan-pilihan yang ditempuh pemerintah harus tetap firm,” ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir, saat dialog dengan Menko Polhukam, Mafhud MD, Selasa (27/7/2021).

Haedar mengatakan PP Muhammadiyah sadar pandemi ini sungguh-sungguh mengancam. Oleh karena itu, lanjutnya, PP Muhammadiyah bersyukur pemerintah mengambil langkah-langkah darurat lewat PPKM.

Haedar mengaku Muhammadiyah terlibat aktif sejak awal dalam menangani Covid secara mandiri lewat 117 rumah sakit dan 167 perguruan tinggi muhammadiyah yang ikut dalam penyelamatan dan penanganan pasien. Menurutnya, bila dihitung-hitung sudah sekitar Rp 1 triliun yang keluar dari dana organisasi untuk membantu penanganan Covid-19. Muhammadiyah, lanjutnya, terlibat aktif menangani Covid-19 baik dalam aspek kesehatan, keagamaan, maupun sosial ekonomi.

Sehari sebelumnya, Senin (26/7), Kemenko Polhukam juga melakukan dialog secara virtual dengan PBNU dan KWI. Sama dengan PP Muhammadiyah, kedua organisasi keagamaan ini mendukung langkah Presiden Joko Widodo memperpanjang PPKM. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.