Percepat Transformasi ASN dengan Penguatan Core Values Sebagai Pelayan Masyarakat

JAKARTA – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) diisi dengan peluncuran Core Value and Emplyer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN), pada Selasa (27/7/2021).

Ada pesan penting yang disampaikan Presiden Joko Widodo buat para ASN. Agar setiap  bertugas di mana pun dan kapan pun, harus memiliki semboyan yang sama dan memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama.

“ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama. Orientasinya pun satu, yakni memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” kata Jokowi dalam siaran youtube.

Kepala negara mempertegas bahwa ASN harus punya mental sebagai pelayan publik. ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu, itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi.

“Setiap ASN harus mempunyai jiwa untuk melayani untuk membantu masyarakat,” tegas Jokowi.

Ia menyadari bahwa semua pemerintah daerah punya semboyan-nya masing-masing, dengan ciri khas yang berbeda.

Namun semua ASN yang bertugas sebagai pegawai pemerintah pusat maupun daerah, harus memiliki core value yang sama. Orientasinya pun satu, yakni memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Sementara itu, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan peluncuran Core Values ASN ini adalah momentum percepatan transformasi ASN di seluruh Indonesia.

“Core Values ASN bukan saja untuk internal Kementerian PANRB, melainkan juga terdapat perubahan besar dan mendasar untuk seluruh aparatur sipil negara di Indonesia,” ungkap Tjahjo.

Ia menegaskan core values ASN ini akan menjadi fondasi bagi seluruh ASN untuk mengabdikan diri bagi negara dan masyarakat.

Di internal Kementerian PANRB, lanjut Tjahjo, juga ada perubahan, salah satunya pergantian logo menjadi lebih sederhana dan kasual, tapi tetap menunjukkan jati dirinya sebagai bagian dari pemerintahan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.