Pengunjung Mal Wajib Tunjuk Kartu Vaksin Covid-19

Mal Tunjungan Plaza, Surabaya

Jakarta, beritajuara.id- Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, menegaskan bagi pengunjung mal diwajibkan menggunakan kartu vaksin guna menjaga keselamatan para pengunjung dari penyebaran Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 mengatakan hal ini menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Selasa (10/8/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Wiku, kebijakan ini telah mengakomodir berbagai masukan dari banyak pihak termasuk pakar di bidangnya tanpa menutup mata dari kondisi yang ada di lapangan.

“Masih belum meratanya cakupan vaksinasi di beberapa daerah adalah bentuk input pemerintah untuk menetapkan prioritas daerah,” ujar Wiku.

Wiku menambahkan waktu dekat, demi mencapai target vaksinasi di bulan September mendatang, akselerasi vaksinasi akan difokuskan pada daerah dengan penambahan kasus konfirmasi yang tinggi. Khususnya, kepada 7 daerah aglomerasi di Jawa – Bali, 45 kabupaten/kota dengan angka penambahan kasus konfirmasi tinggi di wilayah non Jawa – Bali, dan 5 kabupaten/kota di wilayah Papua (alasan PON) dan sekitarnya.

Terkait dengan kapasitas pelayanan kesehatan di luar Jawa – Bali, kata Wiku, nantinya akan dilakukan pengalihfungsian fasilitas umum yang ada untuk isolasi terpusat. Demi optimalisasi upaya ini, lanjutnya, pemerintah akan bermitra dengan pihak swasta.

Wiku menghimbau masyarakat yang sedang menderita Covid-19 bergejala untuk melakukan isolasi terpusat di fasilitas kesehatan. Pasien Covid-19, lanjutnya, akan menerima penanganan kesehatan yang lebih efektif di fasilitas kesehatan. Sehingga mempercepat proses penyembuhan dan mencegah perburukan kesehatan akibat virus Covid-19.

“Maka dari itu sekali lagi kami himbau agar penderita Covid-19 bergejala tidak melakukan isolasi mandiri,” pungkas Wiku. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.