Pemerintah Prioritaskan Vaksinasi Masyarakat Berisiko Tinggi

Jakarta, beritajuara.id-Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan pemerintah mengutamakan atau memberikan prioritas vaksinasi bagi masyarakat yang tinggal di wilayah dengan kasus aktif tinggi dan juga para lanjut usia (lansia) dan masyarakat yang memiliki kormobid.

Menkes Budi Gunadi menyampaikan hal ini dalam konferensi pers di Istana Presiden, Jakarta, Senin (26/7/2021). Budi menjelaskan, wilayah yang menjadi prioritas untuk vaksin itu antara lain Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali.

“Itu yang paling tinggi karena kemungkinan terkenannya juga banyak, masuk rumah sakitnya banyak, dan yang wafatnya juga paling banyak. Provinsi-provinsi itu otomatis akan mendapatkan prioritas,” ujar Budi.

Selain itu, kata Budi, pemerintah juga akan memprioritaskan vaksinasi kepada masyarakat dengan risiko tinggi, yaitu untuk para lanjut usia (lansia) dan masyarakat yang memiliki komorbid.

“Itu yang harus kita utamakan. Bukan berarti kita tidak mau suntik yang lain, tapi kalau kita lihat yang wafat di rumah sakit itu adalah orang-orang seperti itu. Kita lindungi mereka dahulu jadi kita berikan mereka,” tandasnya.(kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.