Pemerintah Pastikan Kesiapan Jalan Tol untuk Arus Mudik Lebaran 2022

Jakarta, BeritaJuara – Jelang mudik lebaran 2022 Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai mempersiapkan jalan tol agar arus mudik lancar.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, masa mudik tahun ini diperkirakan tidak akan diberlakukan pembatasan perjalanan.

Oleh karenanya, BPJT melakukan persiapan mudik layaknya persiapan sebelum pandemi Covid-19.

“Dengan kemungkinan tidak diberlakukannya pembatasan perjalanan, kita akan kembali ke prosedur pra-Covid untuk pengecekan ruas dan pola manajemen rest area,” ujar Danang.

BPJT juga tengah melakukan penutupan lubang di beberapa ruas jalan tol sesuai dengan arahan Menteri PUPR, agar saat mudik masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan aman dan mengantisipasi kecelakaan akibat jalan berlubang.

Selain itu berbagai fasilitas pendukung jalan tol seperti rambu dan marka jalan hingga rest area turut dipersiapkan guna memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pengendara.

“Fokus pada kualitas jalan dan untuk operasi kami fokus ke pengelolaan kegawatdaruratan saat kecelakaan,” ucapnya.

Danang mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan mulai dari aspek keselamatan dengan memastikan fasilitas pendukung jalan tol seperti guardrail, wire rope, rumble dot, rumble strip, antiglare, flip flop lamp, rambu dan marka jalan telah terpasang dengan baik. Hal yang sama di aspek keamanan berkendara, kesiapan petugas layanan patroli, petugas medis, rescue didukung monitoring berbasis kamera surveillance dan CCTV di berbagai sudut jalan tol.

Sementara itu, dari sisi kenyamanan berkendara dilakukan kesiapan kondisi main road yang semakin lebar dan bebas hambatan, tersedianya tempat istirahat dengan fasilitas yang memadai seperti toilet ramah difable, tempat beribadah, stasiun pengisian bahan bakar umum, serta pengisian ulang saldo uang elektronik, atau berbagai tawaran kuliner yang bersih dan sehat.

Hal lainnya adalah optimalisasi gardu transaksi melalui penambahan gardu entrance-reversible, mobile reader, untuk meningkatkan kelancaran layanan transaksi di setiap gerbang. (Yusep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *