Pemerintah Memastikan Siap Sambut Wisatawan Yang Akan Menonton MotoGP Mandalika 2022

Jakarta, BeritaJuara – Jelang pelaksanaan gelaran MotoGP 2022, Mandalika pemerintah memastikan siap menyambut para wisatawan yang akan menonton MotoGP Mandalika 2022. Segala fasilitas baik dari transportasi, akomodasi hingga hiburan telah tersedia dan kesiapan sudah hampir mencapai 100 persen.

Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa mengatakan, “MotoGP akan mempromosikan Indonesia secara umum, Mandalika secara khusus. Ini tinggal 18 hari, sebenarnya tinggal beres-beres,” kata Rizki dalam konferensi pers, Jakarta, Selasa (1/3/2022).

Rizki mengatakan, saat ini semua sektor saling memaksimalkan persiapan. Dari sisi imigrasi, pemerintah sudah melakukan simulasi terkait bagaimana masuknya peserta. Kemudian, Kementerian PUPR memastikan jalan dalam kondisi terbaik.

“Saat ini disemua sektor baik imigrasi, akan masuknya peserta, jalan KemenPUPR yang luar biasa menyiapkan jalan menyiapkan kawasan. Kemenkes memastikan protokol kesehatan, kemenhub menyiapkan angkutan. Ini semua menuju tahap final,” katanya.

Dia menambahkan, pemerintah terus melakukan koordinasi untuk mengantisipasi adanya kekurangan antar bidang. Terkait penonton, nantinya hanya diperkenankan sebanyak 60.000 penonton.

“Hanya ada 60.000 penonton di lapangan, perlu waspada terhadap Omicron, meskipun saat ini sudah menunjukkan penurunan. Jadi kita harapkan NTB atau Lombok jadi tujuan internasional tidak hanya karena MotoGP tetapi karena sektor kesehatan dan pariwisatanya,” tandasnya.

Ia menambahkan, sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Mandalika ibarat kejatuhan rezeki nomplok dengan adanya acara MotoGP. Terlebih acara olahraga tersebut punya banyak penggemar di seluruh dunia.

Rizki pun mengatakan, perhelatan MotoGP tidak hanya berdampak pada pembangunan fasilitas pariwisata di destinasi tersebut, tapi juga fasilitas lain yang nantinya punya manfaat besar bagi masyarakat setempat.

Rizki juga berharap para pembalap dan wisatawan yang hadir dalam MotoGP nanti mendapat impresi yang baik atas kunjungannya ke NTB. “Jadi yang perlu kita lakukan adalah menjaga impresi yang baik dari wisatawan dan peserta luar negeri yang hadir baik dari segi penyelenggaraan maupun kesiapan destinasinya,” kata Rizki. (Yusep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.