Mudik Gratis ke Pulau-pulau di Wilayah Madura

Sumenep, BeritaJuara – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyediakan empat armada kapal untuk melayani program mudik gratis pada Lebaran 1443 Hijriah dari Pelabuhan Kalianget menuju sejumlah kepulauan di daerah itu.

Menurut Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Sumenep, Sabtu, keempat kapal itu masing-masing Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 91, Kapal Dharma Kartika, Kapal Satya Kencana, dan Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) III.

“Hari ini merupakan hari pertama, dan program mudik gratis ini akan berlangsung hingga H-2 Lebaran atau tanggal 30 April 2022,” kata Fauzi seperti dikutip Antara, Minggu (24/4/2022).

Fauzi menjelaskan, program mudik gratis ini dengan rute seluruh kepulauan yang ada di Sumenep, seperti Masalembu, Kangean, Sapeken, Raas, dan Pulau Sapudi.

Bagi warga yang hendak memanfaatkan program mudik gratis ini, jelas Fauzi harus melampirkan sejumlah persyaratan, antara lain fotokopi KTP/KK dan telah divaksinasi COVID-19.

“Vaksinasi menjadi syarat, karena selain memang telah menjadi ketentuan, juga karena kami ingin mencegah terjadinya penyebaran COVID-19,” katanya.

Warga kepulauan yang memanfaatkan mudik gratis perdana ini, umumnya merupakan warga yang bekerja di daratan di Kabupaten Sumenep, dan ada juga yang bekerja di luar Madura, seperti Malang, Surabaya dan Jakarta, dengan tujuan Pulau Masalembu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.