Menteri PUPR : Prasarana PON XX Papua Selesai Akhir Juli

Menteri PUPR

Jakarta, BeritaJuara.id– Menteri PUPR menjelaskan Pembangunan prasarana pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar 2-15 Oktober di Papua dipastikan selesai akhir Juli ini. Bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempersiapkan arena pertandingan, akomodasi bagi atlet dan official, serta penataan kawasan di sekitar arena pertandingan.

Demikian disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam keterangan pers secara virtual usai rapat terbatas bersama Presiden di Jakarta, Selasa (13/7/2021). “Sesuai dengan tugas, saya menyiapkan beberapa venue untuk PON, beberapa cabang olahraga PON, kemudian prasarana pendukungnya terutama untuk akomodasi, dan yang ketiga penataan kawasan di sekitar venue tersebut.

Baca Juga : Menteri PUPR: Presiden Jokowi Perintahkan Bahan Pembangunan Infrastruktur Tak Boleh Impor

Sebagian venue dikerjakan oleh Pemprov Papua seperti Papua Bangkit, itu geloranya, itu yang utamanya sebagai tempat untuk pembukaan dan penutupan. Ini sudah selesai dikerjakan dan dibiayai oleh APBD Pemprov Papua,” ujar Hadi.

Dalam persiapan prasarana, kata Hadi, Kementerian PUPR mengerjakan delapan arena pertandingan dengan lima di antaranya telah rampung 100 persen. Delapan arena itu antara lain arena pertandingan akuatik dengan standar internasional, istora untuk beberapa cabang olahraga, lapangan kriket, lapangan hoki baik di dalam maupun luar ruangan dan jalur olahraga bermotor di Merauke. Beberapa tempat lainnya masih dalam tahap pengerjaan dan diharapkan selesai pada akhir Juli.

Menteri PUPR : Prasarana PON XX Papua 95% Venue sudah selesai

“Beberapa venue yang sedang dalam pelaksanaan dan diharapkan selesai pada akhir Juli karena progresnya rata-rata sudah 95 persen yaitu arena sepatu roda, panahan, dan venue dayung di Teluk Youtefa. Ini sudah mencapai 95,85 persen dan akan selesai pada akhir Juli ini. Sehingga pasti sudah selesai semuanya venue yang ditugaskan kepada Kementerian PUPR untuk dapat dimanfaatkan pada PON Oktober nanti,” jelas Hadi.

Hadi menambahkan prasarana akomodasi selama pelaksanaan PON juga menjadi perhatian pemerintah. Kementerian PUPR telah membangun 15 tower dengan kapasitas 2.500 tempat tidur sebagai tambahan pendukung akomodasi bagi atlet dan ofisial.

Kementerian PUPR, kata Hadi, juga melakukan penataan kawasan di Kawasan Olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru. Selain untuk persiapan PON XX, telah dilakukan perbaikan yang berdampak pada pengembangan wilayah di Jayapura dan empat klaster lainnya. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.