Menparekraf Hadiri FGD “Bangkit Bersama dalam Pengembangan Pariwisata di Kalbar”

Pontianak, BeritaJuara – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Ibis Pontianak, Rabu 9 Maret 2022.

FGD yang mengangkat tema “Bangkit Bersama dalam Pengembangan Pariwisata di Kalbar”. Tampak hadir juga Gubernur Kalbar, Sutarmidji, didampingi Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari. 

Sandiaga Uno dengan mengenakan seragam dinas nya tampak menggunakan tanjak melayu Khas Kalbar berwarna hijau. 

Sandiaga Uno menyampaikan bahwa ini merupakan kesempatan  untuk membangkitkan ekonomi dan bangkit nya pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalbar. dan beliau juga mengatakan bahwa paradigma pariwisata kedepan juga akan berfokus pada keberlanjutan lingkungan.

“Paradigma pembangunan kami kami fokuskan untuk kualitas dan sustainibilitas. Salah satunya pada budidaya mangrove itu menjadi fokus kita kedepan pariwisata yang berbasis keberlanjutan lingkungan, yang sekarang menjadi isu utama di G20,”ujarnya.

Menparekraf juga mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong pengembangan pariwisata untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi di era pandemi Covid-19.

“Kami mendorong kebijakan berbasis inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang akan menjadi strategi pengembangan kedepan karena pariwisata dan ekonomi kreatif tidak bisa bekerja sendiri, harus terus berinovasi, menyiapkan ekonomi baru, dan beradaptasi dengan protokol kesehatan karena ini suatu kenormalan baru,” Kata Menteri Sandiaga.

Menparekraf menambahkan para pelaku wisata juga harus bisa membaca kebutuhan para wisatawan, “Trend pariwisata kita bergerak dari wisata massal ke wisata alternatif, dan semakin bergerak lagi ke wisata pedesaan. Karena orang di kota itu ingin merasakan bagaimana berwisata di alam terbuka dengan budaya dan kegiatan-kegiatan yang ada di pedesaan,” ungkap Sandiaga. (Yusep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.