Menlu RI ; Perlu Kerja Sama Semua Elemen Bangsa Hadapi Kenaikan Covid-19

Menlu Retno Marsudi saat memberikan keterangan secara virtual terkait kedatangan vaksin jadi Moderna dan AstaZeneca Kamis (15/7/2021)

Jakarta, BeritaJuara.id-Pemerintah Indonesia terus bekerja keras dan bahu-membahu melawan pandemi Covid-19. Tantangan kenaikan angka kasus Covid-19 yang tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga dihadapi oleh dunia membuat kerja sama semua elemen bangsa diperlukan untuk dapat menghadapi pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya secara virtual terkait kedatangan vaksin jadi Moderna dan AstraZeneca Covid-19, Kamis (15/7/2021).

“Pemerintah Indonesia terus bekerja keras, we are in high spirit, bahu-membahu, terus bekerja keras melawan virus ini. Dan setiap dari kita dapat menjadi bagian dari solusi. Kerja sama antara semua elemen bangsa diperlukan agar kita lebih cepat dapat keluar dari pandemi ini,” ujar Retno.

Menurut Retno, Dirjen WHO baru-baru ini menyampaikan bahwa selama empat minggu terakhir dunia menghadapi kenaikan kasus Covid-19 secara terus-menerus di hampir semua kawasan. Jumlah kematian global akhir-akhir ini pun, lanjutnya, mulai naik kembali setelah 10 minggu secara berturut-turut mengalami penurunan.

“Hingga Minggu lalu misalnya kasus dunia naik 12 persen, kawasan ASEAN naik 37,4 persen, beberapa negara di kawasan Eropa naik ratusan persen, bahkan terdapat negara yang mengalami kenaikan 510 persen,” jelasnya.

Retno menambahkan Dirjen WHO menyampaikan bahwa  varian Delta yang telah menyebar di 111 negara menjadi faktor utama kenaikan kasus saat ini. WHO menyebut kenaikan kasus yang terjadi secara signifikan di dunia, lanjutnya, dapat diatasi dengan dua hal yakni pembatasan mobilitas dan percepatan vaksinasi. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.