Menlu RI Apresiasi Kepemimpinan Amerika Mengatasi Pandemi Global

Jakarta, BeritaritaJuara.id- Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, mengapresiasi kepemimpinan Amerika Serikat dalam menangani pandemik Covid-19, khususnya di sejumlah negara di kawasan ASEAN.

“Indonesia mengapresiasi kepemimpinan AS dalam menangani pandemi global, khususnya komitmen untuk berbagi 500 juta vaksin kepada negara-negara lain untuk mengatasi kesenjangan akses vaksin. Dukungan AS terhadap TRIPS waiver di WTO juga diapresiasi,” ujar Retno Marsudi dalam sambutannya pada Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-Amerika Serikat yang dilangsungkan secara virtual, Rabu (14/7/2021) kemarin.

Selain komitmen berbagi 500 juta vaksin, Retno menyambut baik kembalinya AS kepada multilateralisme dan mendorong peran positif AS yang lebih besar di kawasan.
 
“Kepemimpinan AS dalam kerja sama internasional dan multilateralisme akan berkontribusi membuat dunia tempat yang lebih baik bagi semua. Kerja sama harus diutamakan,” kata Retno.

Retno juga mendorong peran positif AS yang lebih besar di kawasan ASEAN. AS, lanjutnya, tidak hanya bermanfaat bagi ASEAN, sebaliknya juga ASEAN akan bermanfaat baik bagi AS. Peran positif AS akan berkontribusi menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.
  
Retno mendorong peran AS bersama ASEAN untuk memastikan kawasan Indo-Pasifik yang aman, stabil, sejahtera, dan damai. Untuk itu, lanjutnya, kebiasan dialog harus diutamakan ketimbang konflik, kepercayaan strategis ketimbang defisit kepercayaan, dan kolaborasi ketimbang kompetisi.
 
“Prinsip-prinsip ini tertuang dalam ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dan harus menjadi pedoman dalam kemitraan ASEAN-AS ke depan,” kata Retno. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.