Menko PMK : Tangani Pandemi Covid-19, Perlu Sinergitas Pemimpin dari Pusat Sampai di Tingkat RT

Menko PMK, Muhadjir Effendy, didampingi Wakil Bupat Kutai Kartanegara, Rendi Solihin, saat meninjau pelaksanaan PPKM dan mengecek pembagian bansos di desa Tani Bhakti, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (27/7/2021) (Foto : dok. Kemenko PMK)

Jakarta, beritajuara.id-Untuk mengatasi pandemi Covid-19, maka diperlukan sinergitas atau kekompakan mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, lurah, desa, sampai  pemimpin di tingkat RT/RW. Sinergitas ini diperlukan agar arahan Presiden Joko Widodo terlaksana sampai di tingkat paling bawah.

Demikian disampaikan  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, dalam press release Kemeterian PMK, Rabu (28/7/2021). “Pempin tingkat paling bawah, yakni lurah, kepala desa, dan RT/RW adalah yang paling penting dan tahu masalah-masalah yang ada di wilayahnya,” ujar Muhadjir,

Menurut Muhadjir, kepemimpinan di tingkat akar rumput tersebut sangat penting. Sebab, berbagai permasalahan muncul di tingkat bawah. Oleh karena itu, ia berharap seluruh skema penanganan pandemi Covid-19 terkoordinasi dan tersinkronisasi dari tingkat bawah sampai tingkat pusat. Misalnya, dalam hal data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan penyaluran bantuan sosial. “Peran pemimpin tingkat bawah menentukan akurasi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat dan daerah,” jelasnya.

Muhadjir menambahkan pemimpin di tingkat bawah yang bergerak cepat sangat menentukan kesuksesan penanganan pandemi Covid-19. “Biarpun kebijakan pemerintah itu sudah sangat bagus, arahan Presiden juga sudah sangat jelas. Tetapi apakah kebijakan itu betul-betul dilaksanakan di lapangan itu yang kita ingin pastikan,” jelasnya. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.