Menko Marves Datangkan 250 Ribu Vaksin, Ventilator, Oksigen, dan APD dari Negara Sahabat

Jakarta,BeritaJuara.id-Menteri Kordinator Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendatangkan ratusan ribu vaksin, puluhan ribu unit oksigen, ribuan ventilantor, dan juga APD untuk tenaga kesehehatan di tanah air. Bantuan itu berasal dari negara sahabat antara lain Australia, Uni Emiratte, dan Singapura.


Luhut mengatakan selain bantuan murni atau donasi, sebagian alat kesehatan (alkes) itu dibeli pemerintah di tengah melonjaknya jumlah pasien covid-19 di Indonesia. “Jadi bukan hanya bantuan atau donasi saja, tetapi juga ada alat kesehatan yang dibeli oleh pemerintah,” ujarnya.

Menurut Luhut, sebagian bantuan itu sudah tiba di tanah air dan sebagiannya lagi akan tiba minggu depan. Dari Australia, lanjutnya, sudah tiba 1000 ventilator yang diangkut dengan pesawat dan sudah sampai di Jakarta Sabtu (10/7) kemarin.


Selain dari Australia, kata Luhut, negara Uni Emiratte juga akan mengirimkan 250 ribu vaksin Sinopham yang akan tiba di Indonesia minggu depan. Dari Singapura, lanjutnya, bantuan itu berupa 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator, dan perlengkapan APD termasuk masker bedah, masker N95, dan kelengkapan alat bedah. “Bantuan ini dari Kementerian Pertahanan Singapura untuk Kementerian Pertahanan RI,” jelasnya.


Selain bantuan melalui Kemenhan, tambah Luhut, Singapura juga memberikan bantuan yang diterima oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Bantuan itu berupa 200 ventilator dan 256 silinder oksigen kosong 40 L. Bantuan yang diterima Kemelu ini, lanjutnya, adalah jenis bantuan dengan sistem bantuan government to government.


Luhut juga mengatakan untuk 30 hari ke depan pemerintah akan membeli alkes dari Singapura berupa 7 unit oksigen generator dan 36 ribu ton oksigen. Selain itu, lanjutnya, juga dibeli 10 ribu unit oksigen konsentrator. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.