Menkes : BOR Pasien Covid-19 Turun, dari Total 430 Terisi 28 Ribu Tempat Tidur

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin,saat memberikan keterangan pers di Istana Presiden, Jakarta (26/7/2021) (foto : BPMI Setpres)

Jakarta, beritajuara.id-Tingkat keterisian tempat tidur atau BOR (bed occupancy rate) pasien Covid-19 di seluruh rumah sakit di Indonesia mengalami penurunan. Dari total 430, terisi 82 ribu tempat tidur dan angka ini menurun dari minggu lalu sebanyak 92 ribu tempat tidur.

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes),Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (26/7/2021)

“Alhamdulillah sekarang sudah turun ke 82 ribu. Jadi kita masih ada turun, terutama turunnya di daerah Jakarta. Saya memahami bahwa ada di beberapa daerah yang lagi naik. Jadi Jakarta saya lihat sudah turun, Jawa Barat sudah turun, tapi beberapa daerah saya melihat Jogja masih nai. Bali juga masih naik sedikit dan juga mulai di luar Jawa,” ujar Budi.

Budi berpesan kepada seluruh rumah sakit untuk menyampaikan total keseluruhan kapasitas tempat tidur pasien  yang ada di rumah sakit baik di kota maupun provinsi. Rumah sakit, lanjutnya, sebaiknya tidak hanya menyampaikan ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid saja.

“Saya kasih contoh salah satu provinsi BOR-nya sudah 90 persen, tempat tidur dipakai Covid 2.000. Jadi 90 persen kira-kira 1.800 sudah diisi, sudah panik. Sebenarnya tidak perlu panic karena kalau kita lihat tempat tidurnya total ada 8.000. Nah kan kita bisa tambah dari 2.000 jadi 4.000, langsung BOR-nya turun ke 50 persen,” jelasnya.(kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.