Liverpool Sukses Menjadi Juara Carabao Cup 2021/2022 Setelah Mengalahkan Chelsea Di Final

Wembley, BeritaJuara – Liverpool sukses menjadi juara di laga final Piala Liga Inggris Carabao Cup 2021/2022 usai menaklukkan Chelsea di Wembley Stadium, The Reds memastikan gelar juara usai menang adu penalti dengan skor 11-10.

Laga yang dilangsungkan di Stadion Wembley pada hari Minggu (27/2/2022)
tersebut diprediksi berjalan sengit. Pasalnya, baik The Blues maupun The Reds sama-sama tampil perkasa dalam beberapa musim terakhir.

Chelsea dan Liverpool sama-sama memperoleh peluang emas di sepanjang 45 menit babak pertama. Namun, masih belum ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Sebelum kick-off, Liverpool mengumumkan bahwa Thiago Alcantara yang sedianya masuk starting XI mengalami cedera saat melakukan pemanasan. Posisinya pun digantikan Naby Keita.

Pada babak pertama menit ke-6, Chelsea memperoleh kesempatan emas pertama lewat serangan balik. Dalam posisi empat pemain menyerang, Chelsea mampu menembus pertahanan Liverpool dari sisi kanan.

Cesar Azpilicueta memberikan umpan tarik yang disambut sepakan Christian Pulisic di kotak penalti tapi tepat di pelukan Caoimhin Kelleher.

Liverpool pelan-pelan coba keluar dari tekanan Chelsea. Pada menit ke-17 giliran Liverpool ganti mendapatkan peluang ketika Trent Alexander-Arnold mengirim crossing terukur ke kotak penalti Chelsea. Namun, sundulan Sadio Mane masih melebar tidak mengenai sasaran.

Setengah jam laga berjalan, Mane kembali mendapatkan peluang emas. Berawal dari tendangan jarak jauh Naby Keita yang masih bisa diblok Edouard Mendy, bola rebound coba dicocor Mane. Namun, Mendy lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang.

Menit ke-40, giliran peluang Azpilicueta yang gagal menjadi gol. Pun demikian dengan aksi Mason Mount. Skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Tidak ada pergantian pemain ketika babak kedua berjalan. Chelsea langsung membahayakan gawang Liverpool di menit ke-49 lewat Mount yang berada bebas di kotak penalti, usai lolos dari jebakan offside. Tetapi sepakan Mount mengenai tiang dalam dan gagal menjadi gol.

Pada menit ke-58 Mason Mount kembali menerima bola dari Havertz, Mount melepaskan tembakan yang sayangnya dengan mudah masuk ke pelukan Kelleher.

Mendy nyaris membuat Chelsea kebobolan pada menit ke-65. Ia melakukan clearence yang tidak sempurna, sehingga memberikan Liverpool kesempatan untuk menyerang balik. 

Mohamed Salah yang lepas dari jebakan offside berhasil mengalahkan Mendy dan menendang bola hingga nyaris memasuki gawang Chelsea. 

Namun, Thiago Silva berhasil membuang bola dan memupuskan harapan Liverpool untuk mencetak gol pembuka.

Di menit ke-67, wasit menganulir gol Liverpool yang diciptakan melalui tandukan Joel Matip usai meninjau ulang tayangan Video Assistant Referee (VAR). 

Liverpool nyaris membalasnya lewat aksi Luis Diaz pada menit ke-76. Namun, tendangan Diaz masih bisa ditahan oleh Mendy. 

Pada menit ke-78, Kai Havertz berhasil memasukkan bola ke gawang Liverpool. Namun, wasit tidak mengesahkan gol tersebut sebab hakim garis sudah mengangkat bendera tanda offside.

Memasuki injury time, Virgil van Dijk mengancam gawang Chelsea dengan sundulan tajamnya setelah menerima tendangan sudut. Namun, upaya Van Dijk masih menemui dinding bernama Edouard Mendy. 

Hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, belum ada gol yang tercipta. Laga pun berlanjut ke babak tambahan waktu. 

Pada menit ke-98 Romelu Lukaku berhasil menyarangkan bola ke gawang Liverpool setelah menerima umpan dari Trevoh Chalobah. Namun, gol tersebut tidak disahkan sebab Lukaku lebih dulu dalam posisi offside. 

Hingga babak tambahan pertama usai, tidak ada gol yang berhasil tercipta baik dari kubu Chelsea maupun Liverpool.

Di babak tambahan kedua, Kai Havertz berhasil memasukan bola ke gawang Liverpool pada menit ke-107. Namun, lagi-lagi Chelsea belum mampu memecah kebuntuan sebab Havertz dinyatakan offside.

Papan skor belum berubah dan masih menunjukkan angka 0-0 hingga babak tambahan waktu berakhir. Laga pun berlanjut ke adu penalti. 

Seluruh penendang berhasil menunaikan tugasnya hingga babak sudden death. Ketika kedua kiper harus maju sebagai eksekutor. Namun tak disangka, tembakan Kepa Arrizabalaga melambung ke atas mistar sehingga membuat Liverpool keluar sebagai pemenangnya.

Liverpool berhak atas trofi kesembilan di Carabao Cup atau biasa disebut Piala Liga Inggris, sekaligus jadi yang pertama untuk mereka sejak kemenangan di musim 2011/2012.

Susunan pemain

Chelsea: Mendy (Kepa 119′); Chalobah, Thiago Silva, Ruediger; Azpilicueta (James 57′), Kante, Kovacic (Jorginho 105′), Alonso; Mount (Lukaku 74′), Pulisic (Werner 74′), Havertz.

Liverpool: Kelleher; Alexander-Arnold, Matip (Konate 91′), Van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson (Milner 79′), Keita (Elliott 79′); Salah, Diaz (Origi 97′), Mane (Jota 79′). (Yusep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.