Kepala Dan Wakil Otorita IKN Resmi Dilantik Jokowi

Jakarta, BeritaJuara – Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe resmi menjadi Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara untuk masa jabatan 2022-2027.

Bambang dan Dhony dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Kamis 10 Maret 2022.

Acara pelantikan disiarkan secara virtual lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/3/2022). Pelantikan digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara pelantikan Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita ini diawali kumandang lagu Indonesia Raya. Setelah itu, Deputi Kemensetneg membacakan Keppres pengangkatan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai pemimpin IKN Nusantara.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Jokowi diikuti Bambang dan Donny saat memimpin pengambilan sumpah pejabat baru itu.

Setelah acara selesai, Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik. Baru kemudian diikuti oleh para pejabat yang hadir.

Perihal sosok pemimpin IKN Nusantara ini, Jokowi sebelumnya menyampaikan sinyal bahwa kepala otorita IKN setidaknya pernah mempunyai pengalaman memimpin daerah dan berlatar arsitek.

Bambang Susantono bukanlah orang baru di pemerintahan. Sebelumnya, Bambang adalah pelaksana tugas menteri perhubungan, sebelum akhirnya diangkat sebagai wakil menteri perhubungan definitif di Kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Pria kelahiran 4 November 1963 tersebut dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Ia adalah lulusan Fakultas Teknik Sipil ITB pada 1987 dan meraih gelar master tata kota di Universitas California Berkeley dan gelar doktor bidang perencanaan infrastruktur dari universitas yang sama pada tahun 2000.

Berdasarkan catatan, eks Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia periode 2004-2010 itu memiliki perang penting di Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Lembaga donor tersebut menunjuk Bambang Susantono sebagai wakil presiden untuk urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe merupakan petinggi dari Sinar Mas Land. Ia sebelumnya menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land. (Yusep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *