Kenang Tragedi Cimahi, KLH Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2022

Tumpukan Sampah (Foto: Dok. KLH)

Jakarta, BeritaJuara – Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) telah mencanangkan Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) diperingati pada tanggal 21 Februari setiap tahun.

Penetapan 21 Februari ini guna mengenang peristiwa yang terjadi di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005.

Peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah.

Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah. Tragedi tersebut memicu lahirnya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi. 

Persoalan sampah memang menjadi masalah yang belum selesai diatasi 100% di Indonesia, menurut Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, jumlah timbunan sampah pada tahun 2021 mencapai 23 juta ton. Tentunya sampah dapat menjadi masalah besar jika tidak dikelola dengan baik.

Dalam Peringatan HSPN tahun ini diharapkan dapat menjadi platform untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong untuk pengendalian dampak perubahan iklim yang timbul dari sektor sampah di tingkat tapak.

“Pengelolaan sampah yang tidak baik seperti misalnya melakukan pembuangan sampah sembarangan, kemudian pembakaran sampah terbuka dapat memicu emisi gas rumah kaca. Oleh sebab itu mari kita lakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar”.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Novrizal Tahar, melalui kanal instagram @kementerianlhk pada Senin 21 Februari 2022. (Yusep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.