Kementerian Kominfo Rancang IDN-U, Cetak Talenta Digital

Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi

Jakarta, beritajuara.id-Presiden Joko Widodo telah menyetujui usulan Menteri Konunikasi dan Informatika (Menkoinfo), Johnny G. Plate, merancang pengembangan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta menjadi Institut Digital Nasional University (IDN-U). Diharapkan, IDN-U ini mencetak talenta digital Indoensia.

Demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi dalam Konferensi Pers Virtual Pertahankan Produktivitas Masyarakat di masa Pandemi, Menkominfo Terus Genjot Program SDM bidang Digital Jangkau Jutaan Peserta, dari Jakarta, Kamis (22/07/2021), lalu.

“Berita baik untuk Indonesia adalah kita akan segera menyambut Institut Digital Nasional University, universitas ini akan segera diluncurkan pada Tahun 2022 kuartal pertama nanti akan mulai dibuka programnya,” ujar Dedy.

Menurut Dedy, IDN-U tidak hanya dibuka di Yogyakarta, tetapi juga di beberapa kota lainnya, antara lain Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Manado.

“Ini tentu sebuah angin segar di mana kita memiliki optimisme yang luar biasa, karena tidak hanya pelatihan yang sifatnya non formal, tetapi kita juga mendorong pendidikan formal untuk mempersiapkan talenta atau kecakapan digital,” jelasnya.

IDN-U akan memiliki 4 sekolah dengan dipimpin 4 dekan, yaitu Sekolah Komunikasi Digital, Sekolah Bisnis dan Platform Digital, Sekolah Pasca Sarjana Kominfo, dan Sekolah Kebijakan dan Regulasi Digital.

“Saya pikir ini adalah insitusi pendidikan pertama di Indonesia yang fokus pada kecakapan digital, maka akan terus dikembangkan sehingga kebutuhan talenta digital kita bisa terpenuhi,” tandasnya.

Jubir Dedy Permadi menegaskan bahwa IDN-U merupakan universitas pertama di Indonesia yang fokus pada kecakapan digital. Oleh karenanya, Kementerian Kominfo berkomitmen untuk terus dikembangkan sehingga kebutuhan talenta digital dapat terpenuhi.

Menurutnya, IDN-U nantinya akan memiliki tenaga pendidik sebanyak 70% dari kalangan praktisi atau ahli dan 30% dari akademisi. Format pendidikan memiliki jenjang kurikulum dari tingkat dasar, menengah dan lanjutan.

“Berita baik untuk Indonesia adalah kita akan segera menyambut Institut Digital Nasional University, yang akan hadir pertama di dua kota, Jogja dan Jakarta dan kemudian akan dikembangkan di 8 kota untuk kemudian hari,” ujarnya.(kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.