Kementerian Kominfo Raih Indeks SPBE Tertinggi, Johnny Plate : Ini Blessing In Disguise

Jakarta, beritajuara.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G.Plate mengaku bangga atas kinerja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) yang meraih angka indeks tertinggi evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government yakni 3,82.

Menurut Menteri Johnny, angka indeks tertinggi yang diraih oleh Kementerian Kominfo merupakan blessing in disguise.

“Jadi saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise, saat pandemi Covid-19, di mana masyarakat dunia dan secara khusus Indonesia, kita bergerak secara cepat masuk ke era baru, era digital, sejalan juga dengan instruksi teknologi itu sendiri,” ujar Johnny dikutip dari Info Publik, Kamis (30/12/2021).

Raihan angka indeks tertinggi SPBE Kementerian Infokom ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Nomor 1503 Tahun 2021, Kementerian Kominfo mencatat angka indeks SPBE 3,82 dari skala 1-4, atau masuk pada kategori sangat baik.

“Hasil evaluasi sistem pemerintahan berbasis elektronik pada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah tahun 2021, telah melalui proses verifikasi, validasi, dan penilaian oleh Asesor Eksternal, serta review dan pengolahan oleh Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” kata MenPANRB, Tjahjo Kumolo, Rabu (29/12).

Selain Kementerian Kominfo, ada dua kementerian dari 34 kementerian, yang memeroleh predikat SPBE sangat baik tetapi angkanya masih berada di bawah Kementerian Kominfo yakni Kementerian Keuangan dengan angka indeks 3,72 dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan angka indeks 3,68.

Sementara kementerian lain tercatat ada yang memperoleh hasil baik, cukup, dan bahkan dua kementerian mencatat predikat kurang dalam penerapan SPBE, yakni Kementerian Sosial dengan angka indeks 1,56 dan Kementerian Perindustrian dengan angka indeks 1,38. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.