Kemenpora Siap Berkolaborasi dengan Kemenparekraf di Bidang Pemuda dan Olahraga Dalam Program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022

Jakarta, BeritaJuara – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan, akan banyak kegiatan pemuda dan olahraga yang akan dikolaborasikan dengan kementerian/lembaga terkait, salah satunya adalah dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Banyak kegiatan-kegiatan Kemenpora yang akan kita kolaborasikan dengan Kemenparekraf,” kata Menpora Amali usai menghadiri peluncuran program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 di ruang Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Selasa (1/3/2022).

Menurut Menpora Amali, salah satu kegiatan yang bisa dikolaborasikan dengan Kemenparekraf adalah saat Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 di Surakarta, Juli mendatang.

“Acara KEN 2022 ini bagus ya, ada 110 event yang sudah diluncurkan oleh Menparekraf. Ini suatu hal yang sangat baik dan tentu yang tidak terlepas dari KEN adalah event olahraga nasional,” ujarnya.

“Baik event olahraga nasional yang kita laksanakan sendiri maupun menjadi tuan rumah dari event dunia, seperti kita menjadi tuan rumah APG 2022 mendatang. Saya kira ini luar biasa karena (KEN 2022) dilaksanakan di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Kharisma Event Nusantara 2021 merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Adanya event ini diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Seperti yang telah di lakukan di 2021, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 diawali dengan proses kurasi. Setiap tahapan kurasi bertujuan untuk menyaring dan mendapatkan event-event yang berkualitas, sehingga bentuk pendukungan yang diberikan pada penyelenggara event dapat lebih jelas dan terukur.  

Ada lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, pertama adalah aspek ide dan potensi inovasi; kedua aspek pengembangan ekonomi kreatif; ketiga aspek event management; keempat aspek seni pertunjukan dan budaya; serta kelima aspek strategi komunikasi dan media. 

Dari 319 usulan event yang diterima Kemenparekraf dan setelah melalui proses kurasi tahap I dan II, diperoleh 171 event yang layak untuk presentasi di depan para kurator. Dan pada akhirnya, terpilih 110 Kharisma Event Nusantara 2022 yang terdiri dari Top 10 KEN dan 100 Event KEN 2022 dari 34 provinsi di Indonesia.

“KEN 2022 merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemda melalui penyelenggaraan event berkualitas dan bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal serta memberikan dampak positif ekonomi nasional, sosial dan budaya,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menegaskan, penyelenggaraan KEN 2022 akan menerapkan prinsip Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) secara¬† ketat, disiplin dan berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di pusat hingga daerah. “Semua pihak berkolaborasi agar aspek kesehatan tetap terlaksana seiring dengan kebangkitan kegiatan ekonomi, lapangan kerja terbuka kembali di daerah,” kata Sandiaga. (Yusep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *