Kejar 1 Juta Barel Per Hari, Pertamina Lirik Blok Migas di Luar Negeri

Blok Migas Cepu, Jawa Tengah (foto : Pertamina)

Jakarta,beritajuara.id-Direktur Pengembangan dan Produksi PT Pertamina Hulu Energi, Taufik Aditiyawarman, mengungkapkan Pertamina sedang mengikuti proses biding untuk sejumlah blok migas di luar negeri.

 “Saat ini juga ada beberapa blok yang sedang kami ikut untuk bidding, kriteria seperti apa, ya tentunya yang masih memiliki cadangan yang cukup besar, artinya dari sisi reserve to production rasionya masih cukup besar, kemudian juga volume produksinya bisa besar,” ujar Taufik, pekan lalu, di Jakarta.

Menurut Taufik, Pertamina berambisi untuk mengejar tingkat produksi minyak sebesar 1 juta barel per hari dan gas sebanyak 4.000 MMSCFD. Dengan demikian, masih terdapat jarak antara target dan realisasi eksisting, baik pada produksi minyak maupun gas.

Strategi akuisisi lapangan migas di luar negeri, kata Taufik, dinilai bisa membantu Pertamina mengejar ambisi produksi migas yang telah ditetapkan. Terlebih Pertamina, lanjutnya, belum mendapat temuan raksasa lagi di domestik.

“Di domestik saat ini kami belum mendapatkan temuan giant discovery. Blok Cepu, itu adalah the last giant discovery yang kami miliki dari sisi minyak, dan juga Tangguh untuk gas di Papua,” ujarnya. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.