Kadin Usul Mal Dibuka, Pengunjung Tunjukan Kartu Vaksin

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid

Jakarta, beritajuara.id-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan kepada pemerintah agar mal tetap dibuka selama masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 maupun PPKM Skala Mikro. Syaratnya, baik pengunjung maupun penjaga mal harus menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19.

Demikian disampaikan Ketua Umum Kadin Indoensia, Arsjad Rasjid, dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (25/7/2021).

“Harapannya ritel-ritel itu, kalau mal-mal, kalau bisa sudah vaksinasi pekerja di dalam mal itu semua, dan kalau yang hadir bisa menunjukkan bahwa sudah divaksinasi, harapannya tetap dibuka supaya ritelnya pun tetap berjalan,” kata  Arsjad.

Usulan pembukaan mall itu, kata Arsjad, akan disampaikan kepada pemerintah dalam waktu dekat. Sebab, dia ingin roda ekonomi tetap berjalan sembari menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Arsjad mengatakan jika tidak mengambil langkah yang tepat, maka Covid-19 juga akan berdampak kepada sektor ekonomi dan sosial yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Jadi PPKM kami dukung, tapi bersamaan tolong dipikirkan bagaimana roda ekonomi bisa berjalan. Bagaimana (caranya) untuk menjaga supaya yang tidak punya tabungan, supaya bisa tetap mendapat pendapatan untuk bisa hidup,” katanya sambil menambahkan bahwa Kadin meminta sektor esensial dan kritikal termasuk industri ekspor bisa beroperasi 100 persen bila PPKM level 4 diperlonggar.

Arsjad menambahkan industri yang beroperasi 100 persen itu adalah industri utama (direct workers). Sementara untuk industri penunjang, industri bisa menerapkan WFH dengan persentase 80 persen. Sebanyak 10-20 persen sisanya bisa bekerja dari rumah.(kris)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.