Jubir Satgas Covid-19 : Data Kemenkes, Tren Kematian Usia Produktif Meningkat

Juru Bicara Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito

JAKARTA – Juru Bicara Satuan tugas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan berdasarkan data Kementerian Kesehaan menunjukkan adanya tren peningkatan kematian pada masyarakat kelompok usia produktif. Berdasarkan data tersebut, tingkat kematian harian usia produktif sebesar 36,7% dari usia 46-59, dan sebesar 12,7% dari 31 – 45 tahun. Sementara populasi di atas 60 tahun sebesar 36,7%.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan hal ini saat menjawab pertanyaan media dalam agenda Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Kamis (5/8/2014) yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia. “Adanya tren kematian dari kelompok usia produktif tersebut tidak terlepas dari adanya peningkatan kasus dari kelompok umur tersebut,” ujar Wiku.

Wiku mengatakan jika merujuk Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), varian Delta yang sudah ditemukan di hampir 132 negra di dunia telah menyebabkan kenaikan kasus sebesar 80%  selama 4 minggu terakhir. Dan bagi yang terpapar, lanjutnya, harus mendapatkan perawatan intensif agar tidak berujung pada kematian.  “Secara fakta, kematian pasien dapat meningkat peluangnya jika telambat ditangani atau dirujuk. Serta memiliki riwayat komorbid,” pungkasnya (kris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.