Jelang MotoGP Mandalika 2022, Pemerintah Tingkatkan Akomodasi Penginapan di NTB

Sirkuit mandalika

Lombok, BeritaJuara – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan jumlah penginapan untuk penyelenggaraan MotoGP Mandalika atau Pertamina Grand Prix of Indonesia masih harus ditingkatkan.

Pasalnya, saat ini jumlah ketersediaan kamar baru sekitar 24.000, padahal target jumlah p penonton MotoGP Mandalika sebanyak 100.000 orang.

“Sudah difinalisasi, akomodasi total saat ini tersedia 24.000 kamar, dan ini akan terus bertambah. Kami dibantu oleh teman-teman di provinsi untuk memetakan desa-desa wisata dan juga memetakan homestay dan sarhunta (sarana hunian pariwisata),” kata Sandiaga, Jumat (11/2//2022).

Tidak hanya homestay dan sarhunta, jenis akomodasi lain yang disiapkan sebagai alternatif untuk wisatawan adalah glamping (glamour camping) dan rusunawa.

Sandiaga menambahkan, nantinya akan ada penetapan tarif batas atas, dan tarif batas bawah untuk akomodasi dan transportasi.

“Tarif batas atas dan batas bawah untuk akomodasi dan juga untuk transportasi ini yang masih digodok oleh pemerintah daerah, diharapkan minggu depan (dapat ditetapkan),” ujarnya.

Pemesanan akomodasi rencananya juga akan diintegrasikan dengan sistem pemesanan tiket terpadu. Rencana tersebut diharapkan bisa meningkatkan keterlibatan masyarakat, sekaligus mendorong kebangkitan ekonomi.

“Okupansi hotel pada tingkat 52 persen. Jadi berita-berita semua hotel penuh, kami sudah update data-data bahwa tingkat keterisian 52 persen. Jadi hotel masih ada kamar dan nanti dengan sistem pemesanan yang terintegrasi akan lebih optimal,” tambah Sandiaga.

Ia memproyeksikan kesuksesan ajang besar ini akan mampu membangkitkan berbagai sektor ekonomi masyarakat di sana.

“Melalui ajang MotoGP ini kami memproyeksikan dapat membangkitkan nilai ekonomi lebih dari Rp. 500 miliar dan akan menyerap lapangan pekerjaan 11 ribu orang. Bahkan untuk jangka panjang lebih dari 50 ribu lapangan kerja akan terbuka melalui berbagai event yang akan di gelar,” tandas Sandiaga Uno. (Dhimas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.