Jelang HUT ke-49, PDI Perjuangan Gelorakan Senam SICITA

Jakarta, BeritaJuara – Ada semangat khusus yang ingin ditularkan oleh DPP PDI Perjuangan (PDIP) dalam tekad memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri), dan bahkan rekor dunia lewat gelaran senam bersama secara serentak pada puncak perayaan HUT ke-49 Partai.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto membeberkan bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan bahwa negeri Indonesia ini luar biasa. Indonesia adalah sebuah negeri yang dari kulinernya saja, adalah terlengkap di seluruh dunia.

“Tidak ada negara dengan keanekaragaman bumbu-bumbuan selengkap Indonesia, dan dengan karunia itu seharusnya membuat badan kita sehat. Tapi badan sehat dari asupan makanan bergizi saja tidak cukup. Dibutuhkan olahraga dan diperlukan senam,” kata Hasto, saat memimpin latihan Senam di GOR Senam Jakarta, Kamis (6/1/2022).

Gerakannya dibuat benar-benar baru dan khusus untuk perayaan HUT PDIP, bernama Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA). Menurut Hasto, menjadi semakin penting karena Indonesia dan dunia sedang terus menghadapi pandemi covid-19.

“Menghadapi Pandemi pada tahun ketiga ini, Atas arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Partai mendorong suatu senam sehat sekaligus mengungkapkan suatu rasa cinta tanah air. Suatu senam yang menunjukkan passion, character building bangsa Indonesia,” ulas Hasto.

Senam sehat ini sejalan dengan apa yang selalu diungkap serta didorong oleh bapak proklamator Soekarno. “Mens sana in corporate sano bahwa dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Dengan senam, kita memiliki spirit bagaikan api yang tak kunjung padam,” tukas Hasto.

Politikus lulusan UGM Yogyakarta ini menilai senam sehat juga mengambil dari spirit Senam Kesehatan Jasmani tahun 1984.  Senam bersama ini, Hasto mengatakan PDIP mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergerak dalam senam ini.

“Karena persoalan pandemi hanya dapat tercapai kalau kita menjaga imunitas tubuh. Kalau kita membangun spirit juang dalam diri kita, dan spirit juang itu akan tercapai kalau badan kita sehat,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Hasto juga mengapresiasi Musiai Senior Djanuar Ishak yang telah menciptakan lagu SKJ yang begitu hebat. Juga kepada Bapak Sudharnoto pencipta Lagu Garuda Pancasila dan Alm Gimbloh dengan lagu kebyar-kabyarnya yang sangat patriotik. Semua memberikan gambaran betapa pentingnya semangat rasa cinta tanah air.

Sekedar informasi, GOR Senam Jakarta, di Jalan Raden Inten, Jakarta Timur pada Kamis (6/1/2022) menjadi tempat dan waktu bagi Hasto Kristiyanto memimpin latihan senam tersebut. Ia didampingi Ketua DPP bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga, Anggota DPR dapil Jakarta Timur Putra Nababan, dan Sekretaris Panitia HUT PDIP Restu Hapsari.

Hasto bergabung dengan puluhan anak muda kader PDIP yang beraktivitas di Banteng Muda Indonesia (BMI) dan Taruna Merah Putih (TMP). Sejumlah instruktur senam profesional dilibatkan dalam menyiapkan kegiatan tersebut.

Nantinya, usai peserta ini menyelesaikan latihan, mereka akan direkam khusus. Dan videonya akan disebarkan kepada seluruh kader serta pengurus partai se-Indonesia. Sehingga gerakan senam SICITA itu dipelajari. Semua pengurus dan warga masyarakat yang berminat akan mengikuti senam bersama partai yang akan digelar pada puncak perayaan HUT PDIP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.