Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Terindah di Dunia, Gus Muhaimin: Ayo Geber Wisatawan Global

Jakarta, BeritaJuara – Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah dengan panorama alam terbanyak dan terbaik di dunia. Mengacu pada data terbaru yang dirilis media asal Inggris, money.co.uk, Indonesia menempati urutan pertama dengan skor 7,77 dari 10.

Indonesia menjadi negara terindah karena setiap jarak 100.000 kilometer persegi wilayahnya, terdapat keindahan alam seperti pegunungan, gunung berapi, terumbu karang, hutan tropis dan gletser.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengatakan bahwa kekayaan alam Indonesia yang luar biasa ini menjadi daya tarik dan potensi pariwisata yang sangat besar untuk menarik para wisatawan asing dari seluruh penjuru dunia sebanyak-banyaknya.

”Saya sendiri sudah mengunjungi berbagai penjuru negeri ini, dan memang luar biasa indah. Kita punya Raja Ampat, Bali, Lombok, Bromo, dan banyak lagi. Hampir semua provinsi, kabupaten/kota memiliki keunikan dan keunggulan potensi alamnya masing-masing. Saya termasuk yang sangat menggemari wisata alam, luar biasa potensi kita. Kemarin, saya ke Sumenep, Madura, disana ada Pulau Gili Iyang yang memiliki ogsigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania,” ujar Gus Muhaimin, Selasa (15/2/2022).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, dirinya juga sudah berkeliling ke sejumlah negara. Diakuinya, tidak ada negara yang memiliki potensi wisata yang lebih indah dari Indonesia. Pengakuan atau data yang dirilis media Inggris, money.co.uk, kata Gus Muhaimin, semakin meneguhkan bahwa potensi alam Indonesia yang memang luar biasa menarik.

”Pengakuan dari media Inggris ini harus kita baca sebagai peluang. Ini artinya ada pengakuan dunia sehingga kita harus optimalkan peluang ini. Ini promosi gratis. Ini harus kita tindaklanjuti dengan semakin menggenjot lagi promosi pariwisata kita, dan memperbaiki sarana dan prasarananya sehingga potensi alam yang menarik ini akan semakin memikat lagi,” urainya.

Gus Muhaimin melihat, dengan potensi kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa indah, kunjungan wisatawan Indonesia masih kalah dari beberapa negara tetangga. Perusahaan analisis GlobalData dalam laporannya bertajuk Tourism Destination Market Insights: ASEAN, kunjungan wisatawan asing ke Indonesia masih berada di urutan empat di negara-negara ASEAN, di bawah Thailand, Malaysia, dan Singapura.

”Data ini menunjukkan bahwa potensi alam kita masih perlu dilakukan banyak pembenahan sehingga potensi alam yang indah ini bisa semakin menarik wisatawan asing sebanyak-banyaknya. Jadi, promosi kita gencarkan, dan sarana serta prasarana pariwisata kita benahi. Ini harus jadi perhatian dan perioritas karena kalau potensi ini kita garap dengan serius tentu akan menjadi potensi ekonomi yang luar baisa dan menggerakkan ekonomi masyarakat di tiap-tiap daerah destinasi wisata,” kata Gus Muhaimin.

Disisi lain, kata Gus Muhaimin, potensi keindahan alam yang luar biasa dimiliki Indonesia, harus pula diikuti dengan kebijakan Pemerintah yang berorientasi pada kelestarian lingkungan. ”Ini menjadi kewajiban bangsa ini untuk menjaga kelestarian lingkungan. Keunggulan kita yang paling menonjol ada di kekayaan alamnya, jangan sampai kita tidak berpihak pada kelestarian lingkungan,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.