Gubernur Koster dan MDA Apresiasi Kreativitas Ogoh-ogoh Nyepi dengan Bahan Ramah Lingkungan

Denpasar, BeritaJuara – Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Prof. Dr. I Wayan “Kun” Adnyana merespon baik terbitnya surat Gubernur Bali tentang Penegasan Pembuatan dan Pawai Ogoh – Ogoh dalam rangka menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944.

Juga Surat Edaran Majelis Desa Adat (MDA) Provinisi Bali tentang Pembuatan dan Pawai Ogoh – Ogoh menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944.

Ia mengatakan, Gubernur Bali Wayan Koster dan Majelis Desa Adat se-Bali mengapresiasi kreativitas Yowana (generasi muda, red) di Bali terkait pembuatan karya Ogoh – Ogoh.

“Pembuatan Ogoh – Ogoh serangkaian Hari Suci Nyepi, merupakan tradisi tahunan di setiap Desa Adat se-Bali,” ujarnya.

Kun Adnyana menilai Gubernur Koster dan MDA telah merupakan respon positif untuk senantiasa mengapresiasi kreativitas pembuatan Ogoh – Ogoh, terutama dari segi bahan dan material yang tidak menggunakan styrofoam dan plastik.

“Tapi lebih mengutamakan kreativitas dengan menggunakan material ramah lingkungan, atau bahkan dapat menggunakan bahan-bahan alam, seperti ijuk, kerangka bambu, daun-daun kering, dan lain-lainnya,” tandas Kun Adnyana dikutip instagram pemprov Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *