Erick Thohir Dorong Kemandirian Kesehatan dan Pastikan Akses Obat Murah bagi Rakyat

Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Economic Zone)

Jakarta, BeritaJuara – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir terus berupaya untuk memastikan akses obat murah untuk masyarakat Indonesia.

Chief Erick mengatakan bahwa akses obat murah adalah bagian atau perwujudan dari kemandirian kesehatan nasional yang tengah dibangun pemerintah.

“Kemandirian kesehatan harus terjadi. Kita tidak anti-asing, tidak anti obat mahal, tetapi kita juga harus memastikan yang namanya akses obat murah kepada rakyat,” kata Erick Thohir dalam keterangan, Jumat (28/1/2022).

Erick menjelaskan, seluruh masyarakat memiliki kesempatan yang sama terkait akses kesehatan.

Masyarakat yang mampu membeli obat mahal dipersilahkan, namun tidak bisa disamaratakan untuk semua masyarakat. Ketika ada yang tidak mampu, maka harus ada akses untuk mendapatkan obat juga.

Mantan Bos Inter Milan ini mengatakan, akses obat murah bagi masyarakat merupakan pelayanan kepada masyarakat. Ia pun menekankan bahwa era disrupsi kesehatan harus menjadi momentum introspeksi untuk mewujudkan kemandirian.

“Disrupsi kesehatan harus menjadi introspeksi kita untuk kemandirian. Masa bahan baku obat 95 persen impor, masa obat-obat mahal saja yang bisa diberikan kepada kita semua,” katanya.

Sebelumnya, Erick Thohir mengatakan akan menekan impor bahan baku obat. BUMN Indofarma akan fokus mengembangkan industri herbal. Dia menilai Indonesia memiliki alam dan budaya yang mendukung untuk pengembangan industri herbal.

Saat ini Kementerian BUMN telah mengonsolidasikan klaster kesehatan BUMN. Hal tersebut untuk menciptakan ekosistem yang dapat memperkuat ketahanan dan kemandirian kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.