Erick Thohir Apresiasi Pertamedika IHC dan Kementerian Agama Bangun RS Asrama Haji Lampung

Menteri BUMN Erick Thohir, didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qomas, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut Pertamedia IHC Fathema Djan Rahmat, dan Gubernur Lampung Arinal Junaidi saat memberikan konferensi pers peresmian RS Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung, Minggu (8/8/2021) (Foto : dok. ADPIM)

Jakarta, beritajuara.id-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengapresiasi kolaborasi dan komitmen Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) bersinergi dengan Kementerian Agama mengalihfungsikan Asrama Haji Lampung menjadi Rumah Sakit Ekstensi Rujukan Covid-19. Menurutnya, semakin banyak fasilitas dan program penanganan pasien Covid-19 bergejala sedang hingga kritis maka kasus kematian karena pandemi yang masih tinggi bisa ditekan seminimal mungkin.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan hal ini saat meresmikan beroperasinya Rumah Sakit Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung, salah satu Rumah Sakit Kerjasama Operasi (KSO) PT Pertamina Bina Medika IHC dengan PT Bintang Amin Husada sebagai RS Rujukan Covid-19, di Lampung, Minggu (8/8/2021).

Turut hadir mendampingi Erick Thohir dalam kegiatan tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dan Dirut Pertamedia IHC Fathema Djan Rahmat.

“Saya apresiasi gerak cepat yang dilakukan perusahaan BUMN atas kebutuhan tempat tidur bagi pasien Covid-19 dengan kondisi berat yang dihadapi banyak daerah. Terlebih ini RS ekstensi kedua yang dibangun Pertamedika IHC di asrama haji karena itu saya berterima kasih kepada Menteri Agama Gus Yaqut atas kolaborasi dan komitmen solid untuk bersama memerangi pandemi dengan memaksimalkan kemampuan yang sama-sama kita miliki,” ujar Erick.

Rumah Sakit Bintang Amin merupakan lokasi kedua yang dikonversi dari asrama haji menjadi rumah sakit khusus Covid-19, setelah sebelumnya PT Pertamina Bina Medika IHC mengkonversi Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Selain itu, RS Bintang Amin Lampung merupakan rumah sakit kelima yang dibangun atau dikonversi PT Pertamina Bina Medika IHC menjadi rumah sakit khusus Covid-19 dalam 1,5 tahun terakhir. S

Sebelumnya, telah berdiri RS Pertamina Jaya, RSPP Ekstensi Simprug, RSPJ Ekstensi Asrama Haji, dan RS Modular Pertamina Tanjung Duren yang didukung penuh oleh Pertamina.

“Pekan ini, Kementerian BUMN melalui Pertamedika IHC sudah membangun dua RS yang bertujuan untuk menangani pasien dengan gejala berat dan kritis. Penanganan Covid-19 di luar pulau Jawa seperti di Sumatera, khususnya Lampung perlu mendapat perhatian mengingat peningkatan pasien Covid-19 terus terjadi diiringi dengan daya tampung Rumah Sakit yang telah melebihi kapasitas,” jelas Erick.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pengalihan fungsi asrama haji menjadi fasilitas kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19 merupakan komitmen untuk bersama-sama menanggulangi kebutuhan ruang rawat untuk gelaja berat dan kritis yang terus meningkat.

“Saat ini, Kementerian Agama (Kemenag) memiliki 31 asrama haji di seluruh Indonesia. Sebanyak 25 siap digunakan untuk keperluan penanganan Covid-19 baik untuk Rumah Sakit (RS) Darurat maupun untuk keperluan isoman. Kolaborasi dengan Kementerian BUMN dan juga Pertamedika IHC saat ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mencari solusi bersama agar pasien dengan gejala berat bisa segera ditangani,” jelasnya.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan dukungan yang diberikan terhadap RSPJ Ekstensi ini merupakan bukti bakti Pertamina terhadap negara dan pemerintah dalam membantu menyediakan fasilitas layanan kesehatan Covid-19 kepada masyarakat.

“Kami menjalankan fungsi services oriented yang ditekankan Kementerian BUMN agar perusahaan BUMN yang menyangkut harkat hidup orang banyak juga memberikan layanan kepada rakyat yang langsung dirasakan di tengah situasi kritis seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamedika IHC, Fathema Djan Rachmat, menyampaikan optimisme terhadap fasilitas ini yang diharapkan mampu membantu masyarakat Lampung dan sekitarnya untuk menekan angka kasus Covid-19 yang sampai saat ini masih terus terjadi peningkatan.

“RS Bintang Amin di Lampung ini terealisasi berkat dukungan penuh dari Kementerian BUMN, Kementerian Agama, dan Pertamina. Kami bergerak cepat menyiapkan Rumah Sakit dengan penerapan alih fungsi bangunan Asrama Haji menjadi Rumah Sakit Khsus yang dilengkapi dengan alat serta fasilitas yang mampu menangani pasien Covid-19 dari yang bergejala sedang hingga kritikal,” jelasnya. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.