Cak Nun Hadir di Acara Bukber PDIP: Menunjukkan Budaya, Agama, dan Seni

Jakarta, BeritaJuara – DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar acara buka puasa dan ngaji bareng bersama tokoh intelektual muslim Indonesia Muhammad Ainun Nadjib di Masjid At-Taufiq dan Sekolah Partai, Lentengagung, Jakarta Selatan, Minggu (10/4/2022).

Selain pria yang akrab disapa Cak Nun itu, hadir juga sejumlah petinggi DPP PDIP yang disaksikan langsung Ketua Umum Megawati Soekarnoputri secara virtual.
Mereka tiba di Sekolah Politik PDI Perjuangan tiba sekitar pukul 17.40 WIB.

Cak Nun tiba mengenakan kemeja berwarna abu-abu dan rompi hitam. Celana putih dan masker dengan warna yang sama menutupi wajah Cak Nun.

Cak Nun diantar menuju meja utama. Di sana tampak Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua DPP Hamka Haq, dan Ketua Fraksi PDIP di DPR RI Utut Adianto menyambut intelek kelahiran Jombang itu.

Hamka Haq mengatakan acara seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Sama seperti tahun sebelumnya, acara buka bersama ini diselingi pergelaran seni, budaya, dan kajian Islam.

“Perlu saya garis bawahi bahwa seni itu merupakan salah satu sendi kehidupan manusia, di samping sendi agama, sendi ilmu. Agama dan ilmu pengetahuan tanpa seni budaya akan berantakan, agama akan menjadi alat pemukul sesama manusia kalau tidak ada budaya,” kata Hamka.

Hamka juga mengutip pernyataan Bung Karno yang menyebut Ketuhanan Yang Maha Esa adalah ketuhanan yang berkebudayaan, ketuhanan yang berkeadaban.

“Artinya kebudayaan, ketuhanan yang diresapi dengan perasaan kemanusiaan terhadap sesama manusia. Hari ini, nanti malam kita akan menyaksikan bagaimana pargelaran seni dengan religi membawa kita kepada suasana kedamaian,” jelas Hamka.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kegiatan diisi dengan hadrah melantukan Salawat Nabi.

“Rangkaian acara dimulai pukul 15.00. Qari internasional juga dihadirkan dalam acara ini,” kata Hasto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *