ASEAN Online Sale Day, 97 Pelaku Usaha Indonesia Promosikan Produk Unggulan

Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi (Foto : Kemendag)

Jakarta, Kominfo –Sebanyak 97 pelaku usaha nasional dan usaha kecil akan tampil mempromosikan produk lokal barang dan jasa unggulan di ajang Hari Belanja Daring ASEAN (ASEAN Online Sale Day/AOSD) 2021, yang berlangsung dari tanggal 8 Agustus hingga 10 Agustus, bulan ini. Keikutsertaan Indonesia di ajang ini membawa pesan penting bahwa Indonesia memiliki kekuatan sebagai penyedia barang dan jasa di ASEAN.

“Kami berharap Indonesia bisa menjadikan ajang AOSD ini sebagai wake up call, sehingga Indonesia tidak hanya menjadi pasar di kawasan tetapi juga menjadi penyedia barang dan jasa yang mumpuni di ASEAN. AOSD diharapkan dapat menjadi pendorong untuk ekspor, mendorong promosi dan branding merek lokal, serta membawa nuansa ekspor pada perusahaan rintisan (startup) yang masih fokus pada pasar dalam negeri (domestic inward looking), bahwa ada pasar lain selain Indonesia yang potensial,” tegas Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, di Jakarta Kamis (5/8/2021).

Indonesia, kata Lutfi,  akan menampilkan produk-produk unggulan hasil karya 97 pelaku usaha nasional, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM). Menurutnya, acara belanja daring ini akan berlangsung secara serentak di platform niaga elektronik (niaga-el) se-ASEAN. Produk-produk yang akan ditampilkan pelaku usaha Indonesia, lanjutnya, meliputi produk fesyen, produk furnitur dan kerajinan, kopi, teh dan gula semut, bumbu masakan, rempah-rempah, makanan olahan, kosmetik, alas kaki, jasa pendidikan, dan jasa pariwisata.

Perusahaan Indonesia yang telah memiliki kesiapan infrastruktur untuk melayani konsumen baik di Indonesia maupun di sembilan negara anggota ASEAN, tambah Lutfi, antara lain PT. Semeru Indonesia Maju (Goorita), PT. Astra International Tbk, PT. Indonesia in Your Hand, PT. XL Planet (Elevenia), PT Global Digital Niaga (Blibli), PT. Grab Indonesia, dan PT. Shopee Indonesia.

Lutfi mengatakan beberapa perusahaan Indonesia yang menargetkan konsumen di dalam negeri pada AOSD 2021 ini antara lain Batik Duo Serangkai, Indonesia Robusta, PT. Gunung Subur Sejahtera, PT. Kain Ratu Utama, PT. Bebica Hijab International, Ladang Lima, Blakenheim, dan PT. Asta Nadi Karya Utama.

“Partisipasi Indonesia pada AOSD 2021 merupakan salah satu upaya Indonesia mendorong ekspor nasional. Acara ini juga bertujuan mengirim pesan yang kuat bahwa dunia usaha di ASEAN telah siap untuk kembali melakukan bisnis di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Lutfi mengatakan produk-produk AOSD 2021 dapat diakses melalui www.onlineasean.com. Konsumen dari berbagai Negara, lanjutnya, dapat mengklik logo perusahaan pada laman AOSD tersebut dan secara otomatis akan tersambung ke landing page peserta dari berbagai negara. Ia berpesan agar keikutsertaan dalam AOSD tahun ini dilihat sebagai ajakan bagi para pelaku usaha, termasuk startup dan UKM, untuk membuka diri dan menyasar pasar luar negeri yang lebih besar.

“Kegiatan ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan kapasitas ekspor Indonesia di ASEAN. Kami mendorong UKM Indonesia untuk memasarkan produknya ke kawasan ASEAN yang berpenduduk lebih dari 650 juta jiwa atau 8,5 persen total penduduk dunia,” kata Lutfi.

Indonesia, kata Lutfi, berpeluang besar dalam memanfaatkan niaga-el karena memiliki sistem niaga-el yang relatif paling maju dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Menurut hasil penelitian Google, Temasek, dan Bain & Company, pada 2020 nilai transaksi niaga-el Indonesia tertinggi di Asia Tenggara, yakni mencapai USD 32 miliar.

Kementerian Perdagangan telah membuka kesempatan secara luas bagi para pelaku usaha untuk berpartisipasi pada AOSD 2021. Tercatat di masa pendaftaran terdapat 313 calon peserta dan  97 pelaku usaha yang dinilai layak mewakili Indonesia sebagai peserta. Para pelaku usaha atau platform Indonesia yang berpartisipasi dapat memilih untuk berpartisipasi pada Tier 1 yaitu pasar Indonesia (domestic transaction), Tier 2 yaitu negara ASEAN selain Indonesia (cross border purchasing), atau berpartisipasi pada keduanya. Para peserta mendapatkan akses promosi dan branding gratis baik kepada konsumen di dalam negeri maupun konsumen di pasar Asia Tenggara, termasuk dalam menyasar diaspora Indonesia.

AOSD merupakan acara belanja daring yang dilakukan serentak oleh platform niaga-el di sepuluh negara ASEAN bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun ASEAN pada 8 Agustus. AOSD tahun ini merupakan kali kedua pelaksanaannya sejak 8 Agustus 2020. Peserta AOSD merupakan pelaku usaha di kawasan ASEAN yang menyediakan barang dan jasa melalui Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) dalam sembilan kategori yaitu emarketplace, fesyen, home living/customer goods, elektronik, pariwisata dan perjalanan, makanan dan minuman, jasa, kerajinan, dan lainnya. (kris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.