3,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Bantuan Amerika Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Vaksin Moderna (Foto : AFP)

Tangerang, beritajuara.id.-Sebanhyak 3,5 juta dosis vaksin Moderna tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kedatangan vaksin-Covid-19 tahap 32 ini adalah bantuan dari pemerintah Amerika Serikat melalui COVAX Facility. Direncanakan 600 ribu vaksin AstraZeneca hasil kerja sama dengan pemerintah Inggris dan merupakan vaksin Covid-19 tahap 33 akan tiba Senin (2/8/2021) besok.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, dalam keterangan virtual saat kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 32 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, mengatakan kedatangan vaksin Covid-19 tahap 32 dan 33 secara tidak langsung telah mengamankan 440 juta dosis vaksin yang datang secara bertahap.

“Kehadiran vaksin tahap 32 dan 33 adalah bukti nyata pemerintah terus berupaya keras menghadirkan vaksin Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia,” kata Muhadjir.

 Muhadjir mengatakan secara keseluruhan Indonesia sudah memiliki 178.357.880 dosis vaksin Covid-19. “Hal ini secara tidak langsung berarti telah mengamankan sekitar 440 juta dosis vaksin yang datang secara bertahap,” katanya.

Menurut Muhadjir, stok vaksin Covid-19 yang aman sangat diperlukan untuk mempercepat jumlah vaksinasi 2 juta per hari pada Agustus ini sesuai arahan Presiden. Sebab semakin banyak penduduk Indonesia yang memiliki kekebalan, lanjutnya, sehingga semakin baik dalam melawan pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, kata muhadjir,  kerja sama berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk bahu-membahu mempercepat mengejar vaksinasi.  “Vaksin yang masuk di Indonesia telah dipastikan aman, berkhasiat, dan halal, dengan demikian masyarakat tidak perlu ragu untuk ikut melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Muhadjir menambahkan meskipun sudah divaksin, disiplin 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjauhi kerumunan serta 3T, tracing, test, dan treatment harus tetap ditegakkan. Pemerintah, lanjutnya, terus melakukan langkah-langkah penting untuk mempercepat pemulihan kesehatan, membangkitkan imunitas, sehingga dapat mengakhiri pandemi. (kris)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.